Jumat, 07 November 2014

Tip Memilih MPASI

Memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) memang harus disesuaikan dengan tahapan usianya. Hal ini bertujuan untuk memberikan stimulasi yang tepat, agar perkembangan Si Kecil dapat berlangsung optimal. Oleh karena itu, kenali jenis MPASI yang tepat sesuai tahapan usianya!


1.  Usia 6-9 bulan
Si Kecil sudah mampu mengunyah makanan di antara rahang dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Ia sudah bisa menerima makanan yang agak kasar dan makan dari sendok dengan mudah. Untuk membantu menstimulasi gerakan mengunyahnya dengan tepat, berikan Si Kecil bubur bayi yang bertekstur halus, bergizi, dan memiliki beragam bahan makanan yang menjamin kelengkapan nutrisinya. Sementara itu, pada usia 8 bulan ke atas, Anda dapat memberikan bubur tim yang memiliki tekstur agak kasar untuk mengoptimalkan perkembangan kemampuan mengunyah dan menggigitnya.


2.  Usia 9-12 bulan
Saat Si Kecil berusia 9-12 bulan, ia sudah bisa menggerakkan lidah ke bagian kiri dan kanan mulut dengan baik. Ia juga sudah mulai bereksperimen dengan sendok, meski ia lebih menyukai makan dengan tangannya. Untuk itu, berikan stimulasi kemampuan menggenggam dan mengambil makanan dengan biskuit yang bernutrisi.


3.  Usia 12-18 bulan
Saat usianya menginjak 12-18 bulan, kemampuan mengunyah Si Kecil sudah jauh lebih baik. Ia pun mampu melakukan gerakan rahang ke semua arah. Ia juga sudah bisa minum dari gelas. Nah, di usia ini, Anda bisa mulai memberinya nasi tim dengan tekstur yang lembut.


4.  Usia 18 bulan ke atas
Saat ia berusia lebih dari 18 bulan, biasanya 15 gigi susu Si Kecil sudah tumbuh. Ia pun dapat menggunakan sendok dengan benar, minum dari gelas lebih baik, dan semakin mampu mengeksplorasi makanannya. Apabila ia mulai bosan, Anda bisa berikan sup sebagai makanan alternatif yang aman bagi lambungnya. (Aulia/DMO/Dok. M&B)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar