Minggu, 19 Oktober 2014

Perhatikan Nutrisi Si Kecil

Anak-anak membutuhkan kecukupan nutrisi untuk tumbuh kembangnya, terutama pertumbuhan otak. Menurut dr. Florentina M. Rahardja, M.Gizi, SpGK, nutrisi Si Kecil perlu diperhatikan pada satu tahun pertama kehidupannya.

“Selain ASI eksklusif, setelah 6 bulan Si Kecil juga sudah bisa diberikan MPASI. Melalui MPASI, Anda bisa mengatur kecukupan nutrisi Si Kecil. Anda bisa memberikan Si Kecil buah-buahan seperti pisang pada awal MPASI,” ungkap dr. Floren dalam talkshow Blibli  “30 Minute Kids Meal” with Beaba Boon di M&B Fair 2014 hari ini (28/09).

Dalam memberikan MPASI, dr. Floren menyarankan untuk memberikan makanan dengan tekstur lumat seperti puree untuk bayi berusia 6-8 bulan, sedangkan untuk 9 bulan ke atas, Anda bisa mulai memberinya MPASI dengan tekstur makanan yang lebih kasar. “Perhatikan juga waktu memulai MPASI. Buat waktu makan jadi menyenangkan. Jangan dipaksa, tapi dibujuk agar tidak takut."

Selain membicarakan soal MPASI, dr. Floren juga mengimbau agar ibu memerhatikan keamanan perlengkapan makan Si Kecil. “Pilih botol susu atau perlengkapan makan untuk Si Kecil yang bebas BPA atau zat bahaya tertentu yang dapat meningkatkan risiko penyakit dalam jangka panjang. Hindari peralatan makan yang berkode 3, 6, atau 7,” tutupnya. (Aulia/DT/dok.M&B)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar