Minggu, 19 Oktober 2014

Agar Si Kecil Tidur Nyenyak

Tanya
“Titan selalu gelisah saat tidur malam, kadang ia terbangun dan menangis. Adakah tip agar Si Kecil bisa tidur nyenyak sepanjang malam?”
(Mayfreya, ibu dari Titan, 1,5)

Jawab
Terapkan 3M
“Agar anak saya bisa tidur nyenyak, saya selalu membiasakan "3M", yaitu makan dan minum susu, mandi, serta minyak telon. Kira-kira 2 jam sebelum ia tidur, saya memberinya makan dalam porsi sedang ditambah sebotol susu. Setelah makan, saya memandikan Heaven dengan air hangat yang dicampur baby oil beraroma lavender, mengeringkan badannya, kemudian membubuhi minyak telon pada perut dan punggungnya. Kalau tidak sedang jadwal mandi, biasanya saya hanya membasuh wajah dan tubuhnya dengan waslap hangat. Tidak lama setelah itu, Si Kecil langsung terlelap dan tidur nyenyak sekali. Saya pun jadi bebas melakukan pekerjan rumah yang lain.”
(Irena Hidajat, ibu dari Heaven, 10 bulan)

Pijat dan Nyanyi
“Setelah Karyn mandi sore, saya memijatnya dengan baby oil sambil mendendangkan lagu kesukaannya, Twinkle-twinkle Little Star. Supaya ia tidur nyenyak, saya memberinya susu atau air putih hangat lalu mengajaknya bermain di tempat tidur. Jika ia sudah mengantuk, saya mematikan lampu kamarnya sambil mengatakan, 'Sudah malam, sudah saatnya Karyn bobo.' Setelah itu, saya  membelai rambutnya sambil bercerita atau mendendangkan lagu favoritnya. Tidak lama kemudian, biasanya Karyn langsung tertidur pulas sampai bangun kembali besok paginya.”
(Gita Kartika, ibu dari Karyn Gabriella, 1 tahun 3 bulan)

Kegiatan Rutin Menjelang Tidur
“Kunci agar Si Kecil bisa tidur nyenyak sepanjang malam adalah mengetahui dengan tepat kebutuhannya. Tiap anak memiliki kebutuhan yang tidak sama.  Jonathan, anak saya, selalu ingin saya temani saat tidur, bahkan sampai sekarang, karena hal ini membuat ia nyaman. Menurut saya, tidak masalah menemani anak tidur, karena pada waktunya nanti Jonathan juga pasti akan mau tidur sendiri. Selain itu, saya juga membuat rutinitas tiap malam. Satu jam sebelum ia tidur, saya memberinya makanan kecil, seperti havermut atau pisang atau yoghurt, sehingga ia tidak kelaparan sepanjang malam. Lalu, saya biasakan Jonathan untuk menggosok gigi, membasuh badannya dengan air hangat, dan memijat tubuhnya, sehingga ia merasa rileks. Sambil menunggu ia tertidur, saya membacakan buku cerita atau menyanyikan lagu pengantar tidur.”
(Lusia Aprilia Susilo, ibu dari Jonathan Christofer Harjanto, 1 tahun 4 bulan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar