Selasa, 13 Agustus 2024

STUDI KASUS PENERAPAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT)

 


Contoh Kasus 1

 

Pak Surya adalah guru matematika. Pekan ini Pak Surya akan menyampaikan materi mengenai perkalian. Sekolah Pak Surya berlokasi dekat dengan pasar dan sebagian besar dari orang tua peserta didik merupakan pedagang. Bagaimana kegiatan pembelajaran yang sebaiknya dirancang oleh Pak Surya dengan menerapkan pendekatan CRT?


Contoh Kasus 2

 

Ibu Nisa adalah guru Bahasa Sunda. Ibu Nisa menemukan bahwa peserta didiknya berasal dari berbagai suku dan hanya sebagian kecil yang merupakan Suku Sunda. Sebagian besar mereka mengalami kesulitan untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Bagaimana strategi yang dapat dilakukan Ibu Nisa untuk dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan pendekatan CRT?












3 komentar:

  1. Sangat mnambah pngetahuan saya, terima kasih min.

    BalasHapus
  2. Min, tujuan dari CRT ini apa ya? Mohon penjelasannya ya min, saya kurang paham, apakah CRT ini merupakan metode untuk menerapkan kejadian di sekitar kita dan mengaitkannya ke pembelajaran? Begitu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Mou...Culturally Responsive Teaching atau yang biasa disingkat CRT merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menghendaki adanya persamaan hak setiap peserta didik untuk mendapatkan pengajaran tanpa membedakan latar belakang budaya peserta didik.

      Hapus