Selasa, 06 Agustus 2024

Rancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD

 

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas                     : X SMK

 

1.       Tujuan Pembelajaran

·         Pemahaman Yang diharapkan

-          Peserta didik dapat menjelaskan tenses Past Simple dan Present Perfect Simple

-          Peserta didik Memahami penggunaan say dan tell, talk dan speak serta vocabulary terkait Body Language yang membantu Communication

·         Pertanyaan Esential

1.  Apakah yang dimaksud dengan Simple Past Tense and Present Perfect Tense?

2. Apakah perbedaan antara Simple Past Tense and Present Perfect

 

2.     Asesmen Pembelajaran.

·         Asesmen Formatif

-          Murid menyebutkan rumus simple past dan Present Perfect Tense

-          Murid menuliskan contoh kalimat simple past dan present perfect tense pada buku catatan mereka

·         Asesmen Sumatif

-          Murid membuat video pendek , dimana mereka menjelaskan rumus simple past dan present perfect tense

-          Murid membuat percakapan menggunakan simple past dan present perfect tense

3.     Aktivitas Pembelajaran

a.     Pendahuluan

ü  Guru memulai dengan mengajukan pertanyaan kepada murid tentang apakah yang kamu ketahui tentang simple past dan present perfect tense

ü  Guru Menunjukkan beberapa contoh kalimat simple past dan present perfect tense

b.     Kegiatan Inti

§  Menonton Video

ü  Murid menonton video yang diunggah di youtube yang berisikan penjelasan tentang simple past dan present perfect tense dan contoh-contoh kalimat nya.

ü  Guru mengarahkan murid untuk menyimak dan membuat kalimat yg berbeda dari kedua tenses tersebut

§  Diskusi dan Praktik

ü  Setelah menonton video guru mengadakan diskusi kelas tentang simple past dan present perfect tense. Guru meminta beberapa murid mengulang rumus tenses tersebut

ü  Guru meminta beberapa murid memberikan contoh kalimat simple past dan present perfect tense ke depan kelas.

§  Latihan Menulis

ü  Murid menulis rumus simple past dan present perfect tense dan contoh kalimat nya di buku catatan mereka. Guru memberikan bimbingan dan koreksi jika diperlukan

§  Aktifitas Kreatif

ü  Murid menulis di kertas karton rumus simpe past dan present perfect tense berikut contoh nya dan menempelkan nya di dinding kelas dan dinding kamar nya.

ü  Murid membuat video percakapan menggunakan simple past dan present perfect tense . video ini diunggah ke platform kelas untuk nilai

c.     Penutup

ü  Guru mengadakan sesi tanya jawab untuk memastikan pemahaman murid.

ü  Guru memberikan pujian dan umpan balik positif atas usaha murid.

ü  Guru mengingatkan murid untuk menonton kembali video di YouTube sebagai bahan belajar di rumah.

 

 

5 komentar: