Sabtu, 10 Agustus 2024

HASIL TELAAH VIDEO PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI


Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi?
Pembelajaran berdiferensiasi adalah teknik instruksional atau pembelajaran di mana guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individual setiap siswa sesuai dengan kebutuhan mereka. Kebutuhan tersebut dapat berupa pengetahuan yang ada, gaya belajar, minat, dan pemahaman terhadap mata pelajaran.


Terdapat tiga komponen dalam pembelajaran diferensiasi yang dapat diterapkan oleh guru, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk (Tomlinson, C. A.; 2000; 2001).
1. Diferensiasi Konten Diferensiasi konten berfokus pada bagaimana materi pembelajaran disajikan kepada peserta didik dalam diferensiasi konten, guru mengubah materi pelajaran agar sesuai dengan tingkat pemahaman, minat, dan gaya belajar peserta didik.
2. Diferensiasi Proses Diferensiasi proses berkaitan dengan bagaimana cara guru membelajarkan dan membimbing peserta didik. Dalam diferensiasi proses, guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang beragam agar sesuai dengan gaya belajar dan kebutuhan belajar peserta didik.
3. Diferensiasi Produk Diferensiasi produk merupakan variasi hasil tugas pembelajaran dan penilaian produk atau hasil belajar peserta didik. Tugas dan penilaian untuk masing-masing peserta didik dibuat beragam namun masih tetap mengacu pada tujuan pembelajaran yang sama.  




 

Video 1

 

Video 2

 

Video 3

Guru melakukan asesmen awal untuk melihat kemampuan anak, kemudian mencari tahu cita cita anak, untuk merencanakan pembelajaran yg bersinggungan dengan cita cita mereka, kemudian guru membuat kelompok sesuai minat dan bakat anak. Hal itu membuat anak semangat untuk mengikuti pembelajaran

Guru melakukan asesmen awal dan membagi kelompok sesuai kemampuan murid. Kemudian siswa mengajukan pertanyaan bila ada yg tidak di pahami. Guru memberikan pendampingan yg lebih lama pada murid yg lebih sulit memahami materi. Untuk murid yg lebih paham guru memberikan kesempatan pembelajaran mandiri dari buku teks atau youtube

Guru membagi kelompok berdasarkan minat siswa lintas mata pelajaran. Kemudian siswa berdiskusi berdasarkan tema. Hasil pembelajaran ditunjukkan dengan produk yang berbeda-beda sesuai dengan minat siswa, guru memberikan pendampingan sesuai kebutuhan siswa


Diantara tiga video tersebut, komponen diferensiasi manakah yang menurut Bapak/Ibu paling efektif untuk diterapkan pada pembelajaran? Mengapa?

Diferensiasi proses adalah yang menurut saya paling efektif karena Diferensiasi proses, yaitu proses yang mengacu pada bagaimana siswa akan memahami apa yang mereka pelajari.jadi di bagian proses lah yang paling efektif yang menentukan nanti nya siswa itu paham atau tidak


2 komentar:

  1. Terima kasih ilmunya, sgt bermanfaat dan mnambah pengetahuan saya

    BalasHapus
  2. Bagaimana instrumen penilaian yang benar berdasarkan proses pembelajaran berdiferensiasi ya min?? ADa contohnya gk yaa. ?

    BalasHapus